Selasa, 24 Mei 2011

Profil Sekolah

PROFIL SMA NEGERI 1 SAJIRA
“KAMPUS EMAS”

A.     Perkembangan Umum

  1. Identitas Sekolah
SMA Negeri 1 Sajira berdiri sejak tanggal 1 Juli 1994 di bawah pengelolaan SMA Negeri 2 Rangkasbitung. Pada tanggal 22 Nopember 1998 mendapat SK Mendikbud Nomor : 0601/O/1994 yang berlaku surat pada SMA Negeri 1 Sajira diserahterimakan dari Pjs Kepala SMA Negeri 2 Rangkasbitung kepada Kepala SMA Negeri 1 Sajira. Sejak tanggal 25 Juli 2008 SMA Negeri 1 Sajira mempunyai bangunan gedung sekolah yangg terletak di Jalan Raya Cipanas KM 17 Kampung Karoya Desa Mekarsari Kecamatan Sajira Kabupaten Lebak. Di tempat ini SMA Negeri 1 Sajira mulai berbenah diri dari berbagai sektor dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. SMA Negeri 1 Sajira di kenal dengan Kampus EMAS. EMAS mempunyai makna; Elegan, Berpikiran Maju, BerAhlak, Berbadan dan Berjiwa Sehat. pengertian ini memberi makna bahwa SMA Negeri 1 Sajira  merupakan sekolah yang memiliki suasana yang konduksif dan nyaman. Juga  unggul dalam prestasi baik akademik maupun  ekstrakurikuler.

  1. Letak Geografis SMA Negeri 1 Sajira cukup strategis, dipinggir jalan raya Cipanas,Tempat yang cukup strategis ini di dukung pula oleh lahan yang cukup luas sehingga memungkinkan untuk terus dikembangkan dan ditata menjadi sekolah yang besar. Sarana transportasi yang lancar dan cukup memadai sebagai daya dukung dalam pengembangan sekolah dan memiliki mobilitas yang tinggi dalam pengembangan sekolah yang mengacu kepada alam sekitar.

  1. Sosial Budaya
Kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan sekolah relatif cukup besar karena secara umum masyarakat masih menilai sekolah adalah salah satu tempat pengembangan nilai-nilai budaya yang berkembang di masyarakat, namun kepercayaan masyarakat untuk menitipkan putera puterinya untuk dididik di sekolah belum diikuti oleh perhatian yang cukup besar dalam mengawasi perkembangan putera puterinya, sehingga beban sekolah bertambah besar yang membuat semua permasalahan kesiswaan harus bermuara atau diselesaikan oleh sekolah tanpa peran aktif orang tua siswa atau masyarakat


  1. Sosial Ekonomi
SMA Negeri 1 Sajira cukup berpotensi untuk berkembang mengikuti alur globalisasi dan tantangan masa depan yang menjadikan sekolah unggulan dan pilihan masyarakat, namun harapan itu tidak akan menjadi sebuah kenyataan apabila tidak ada dukungan dari semua pihak secara bersama-sama tertutama masyarakat pengguna jasa sekolah (orang tua). Dukungan finansial adalah sumber utama dari kontribusi yang diharapkan sekolah dari orang tua siswa. Tanpa itu kemampuan sekolah untuk berkembang akan menjadi sebuah keniscayaan. Melihat dari kenyataan yang ada belum semua orang tua memiliki kesadaran itu dikarenakan latar belakang dan kondisi sosial ekonomi orang tua yang berbeda dan relatif kemampuannya menengah ke bawah.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger